Mengagumi dan Mengkritisi Indonesiaku TERCINTA (1)

Indonesia,

Negara kaya akan sumber daya alam, anugerah luar biasa yang diberikan Tuhan

Negara yang  memiliki segala sumber potensi untuk berbagai bidang, pariwisata, pertanian, pertambangan, perikanan, all you can find in Indonesia

INDONESIA (bisa) MAJU

Dengan segala apa yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, hanya satu saja untuk mewujudkan Indonesia menjadi maju yaitu sumber daya manusia, alias masyarakat yang berkualitas. Masyarakat yang berkualitas minimal sehat. Sehat fisik, mental, sosial, dan dapat bekerja secara produktif. Seseorang yang sehat akan bisa memanfaatkan waktu untuk kegiatan produktif, bekerja, belajar, dan sebagainya yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup. Masyarakat Indonesia yang berkualitas akan memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara bijak untuk kemakmuran bangsa. Masyarakat akan mampu mengelola sendiri tanpa terlalu bergantung dengan bantuan luar negeri.

Tidak dipungkiri bahwa kekayaan alam Indonesia tidak terlalu dirasakan kita sebagai owner. Kegiatan penambangan, berapa sih yang masuk kantong negara? saya yakin proporsinya kecil. Pertanian dicekoki pupuk kimia yang padahal banyak ahli pertanian kita yang menemukan dan menciptakan pupuk alami yang lebih berdampak baik dimasa yang akan datang meskipun hasilnya tidak bisa dilihat secepat kilat karena tanah pertanian yang sudah terlanjur “makan” pupuk. 

Potensi-Potensi Indonesia:

– Generasi muda yang kreatif, pintar, inovatif. Banyak masyarakat kita yang menciptakan berbagai tekonologi. Di program berita televisi, sering diberitakan warga A menciptakan teknologi yang bisa mengalirkan listrik, menyaring air, biogas, dsb, dan bukan hanya dari perkotaan, bahkan di desa juga. Luar biasa bukan?!. Adik-adik kita juara olympiade yang tidak hanya tingkat nasional bahkan tingkat internasional, Keren kan?! AYO GALAKKAN SEMANGAT BELAJAR SETINGGI LANGIT!

– Pusat Budaya Dunia. Indonesia bisa punya musium budaya terbesar di dunia. kita kumpulkan berbagai budaya dari Sabang sampai Merauke. Bisa kebayangkan besarnya tanah yang kita butuhkan untuk membangun musiumnya? betapa kayanya kita dalam budaya. Kita bisa mengumpulkan dokumentasi data dari para masyarakat adat. Dokumentasi menjadi sangat vital, karena informasi yang diperoleh tidaklah mudah dan akan sangat otentik bila digali sejak awal. Yang sangat TAU dan PAHAM budaya hingga sejarahnya cenderung mereka yang tergolong bukan generasi 70, 80, 90, atau 2000an. AYO SEGERAKAN DOKUMENTASI BUDAYA KITA!

– PUSAT PARIWISATA DUNIA (to be continued)

– PUSAT GARAM DUNIA (to be continued)

– PUSAT TANAMAN PANGAN DUNIA (to be continued)

– PUSAT HUTAN HUJAN TROPIS DUNIA (to be continued)

– PUSAT TEKNOLOGI DUNIA (to be continued)

– PUSAT RELIGI DUNIA (to be continued)

– PUSAT PERADABAN DUNIA (to be continued)

Segala bidang butuh pemberdayaan yang jenisnya bergantung pada pengambil keputusan, tentunya politik. (to be continued)

Ah, tidak akan ada habisnya menghayati betapa indahnya Indonesia kita. WE LOVE INDONESIA

 

Tinggalkan komentar